Peringatan Hari Pendidikan Nasional

19.46
Lambe Lamis - Dalam rangkah peringatan hari pendidikan nasional kali ini saya akan membahas tentang sosok Ki Hajar Dewantara (dewantoro), hari pendidikan nasional ini pun tak luput dari perhatian Google dengan Google doodlenya, jika anda mengklik maka akan dibawah ke hasil search.



Ki Hajar Dewantara ? Siapa sih yang enggak kenal maupun mendengar nama almarhum, kalau anda enggak kenal sama beliau berarti anda bukan orang indonesia asli tapi tenang aja saya akan membahas kehidupan almarhum Ki Hajar Dewantara biar enggak malu sama anak TK ( taman Kanak-kanak).

Apa kata pertama anda ketika mendengar nama beliau ? Menteri Pendidikan Pertama, Tut Wuri Handayani, Pahlawan Nasional dll, Itu semua adalah kata pertama kita bilamana ditanyai tenteng  sosok almarhum Ki Hajar Dewantara.

Ki Hajar Dewantara Lahir dengan nama Raden Mas soewardi Soerjaningrat atau dalam ejaan bahasa indonesia yang telah disempurnakan disebut Suwardi Suryaningrat pada hari kamis legi #weton tanggal 2 mei 1889 di yogyakarta dalam rahim seorang ibu yang seorang hebat bernama Raden Ayu Sandiah dan seorang ayah yang pemberani yakni Kanjeng Pangeran Ariya, beliau terlahir dalam keluraga bangsawan sebagai cucu dari Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ariya Paku Alam III dengan pangglan masa kecil denmas genblung.

Tahukah kamu siapa Menteri Pendidikan Pertama Indonesia ? jawabanya adalah Ki Hajar Dewantara, ya beliau adalah menteri pendidikan pertama indonesia sekaligus menjadi bapak pendidikan indonesia.

Ajaran pendidikan beliau yang paling terkenal adalah Tut Wuri Handayani siapa sih yang enggak kenal dengan semboyan SD ini yang berarti di depan memberi teladan,  di tengah memberi semangat, di belakang memberi dorongan, Walaupun Cuma lulusan pendidikan dasar dikarenakan tidak lulus di STOVIA  karena sakit tapi tidak membuat beliau putus semangat untuk mencapai cita-citanya dengan menjadi wartawan surat kabar di De Express,  Utusan Hindia dan Kaum Muda.

Beliau juga aktif dalam organisasi Budi Utomo dll, beliau juga mendirikan sekolah pendidikan bernama Taman Siswa pada 3 juli 1922, bahkan beliau menjadi pahlawan nasional ke 2 yang diangkat oleh presiden soeharto, dan potret beliau diabadikan keselembaran kertas Rp.20000an edisi tahun 1959.



Demikian Artikel tentang Peringatan Hari Pendidikan Nasional yang Bahkan menjadi trending topic di Google Trends pada hari ini 2 april.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »